Senin, 12 Januari 2015

Informasi Akurat Hanya dari Kami

http://images.cnnindonesia.com/visual/2015/01/08/325b9067-6853-4114-9026-a39450cd5872_169.jpg?w=650Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsdya TNI FHB Soelistyo menyampaikan perkembangan operasi pencarian kepada media. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya F. H. Bambang Soelistyo menegaskan semua informasi terkait kepastian penemuan kotak hitam AirAsia QZ8501 hanya berasal dari Basarnas.

Sebelumnya, Tim Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyatakan telah menemukan kotak hitam tersebut. Mereka menyatakan Tim Penyelam TNI AL yang berada di KN. Jadayat telah berhasil menemukan kotak hitam pada posisi 03.37.21 S / 109.42.42 E dengan kedalaman sekitar 30 sampai 32 meter.

Koordinator Tim Direktorat Jenderal Perhubungan Laut A. Tonny Budiono menyatakan kotak hitam berada di himpitan serpihan badan pesawat sehingga sangat menyulitkan tim penyelam dalam proses pengambilannya.

Menanggapi temuan itu, Soelistyo mengimbau masyarakat untuk percaya informasi dari Basarnas. "Masyarakat jangan bingung. Yang akurat itu hanya datang dari kami," katanya saat ditemui di Gedung Basarnas, Kemayoran, Jakarta, Minggu (11/1).

Ia menegaskan kotak hitam belum ditemukan. "Saya menyampaikan kotak hitam sudah ditemukan kalau semuanya sudah ada buktinya. Sudah ada laporannya, supaya tidak simpang siur," ucapnya. Menurutnya, selama belum ada bukti fisik serta belum ada laporan ke Basarnas, maka informasi itu tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Adapun, Soelistyo juga menegaskan komando hanya ada di Basarnas. Namun, ketika ditanya soal komando evakuasi ekor pesawat AirAsia QZ8501 yang dipimpin Panglima Tentara Nasional Indonesia Moeldoko, Soelistyo berkomentar, "Saya no comment ya. Saya prajurit. Beliau adalah pimpinan saya juga. Saya berpikir positif, saya pikir beliau ingin membantu. Fokus mereka adalah bagaimana operasi bisa berjalan baik."

Soal menyalahi aturan atau tidak, Soelistyo juga enggan berkomentar. "Saya tidak bilang begitu. Mungkin beliau kasih dukungan ke anak buah," katanya.(sip)

  CNN  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...